28 January 2015

Bangkok Day 1 & 2 : Khaosan Road, Jim Thompson, Madame Tussauds, MBK

Trip ke Bangkok kali ini sebenernya udah kita rencanain dari lama, sekitar setahun sebelumnya. Waktu itu gue inget lagi main ke rumah Ema, dan kita ngobrol-ngobrol kalau Air Asia sedang ada promo tiket.

Ema saat itu memang punya beberapa poin BIG Air Asia yang bisa direedem dengan tiket murah ke Bangkok. Setelah kita iseng-iseng cari harga termurah, dapetlah tiket seharga IDR 700,000 pulang pergi Jakarta-Bangkok-Jakarta. Murah kan? Ngiri gak ngiri gak? Hahaha. Biasanya orang-orang dengan tiket 700,000 paling cuma dapet tiket sekali jalan Jakarta-Denpasar.

Ini harga 2 orang, jadi per orang Jakarta-Bangkok IDR 217.000

Ini harga 2 orang, jadi per orang Bangkok-Jakarta sekitar IDR 500,000

Tapi ada tapinya, waktu pergi kita gak include weekend, padahal pasar Chatucak yang terkenal itu adanya tiap Sabtu atau Minggu, namanya aja udah Chatucak Weekend Market. Tempat yang satu ini adalah pasar akhir minggu terbesar di dunia karena luasnya yang mencapai 35 are dan terdapat 15.000 toko. Pasar ini mirip seperti Pasar Klewer di Solo atau Pasar Beringharjo di Yogyakarta, dengan jejerean los-los kecil dengan jalan yang sempit di antaranya. Yang dijual di sana sangat beragam, mulai dari aksesori, kerajinan tangan, keramik, barang antik, artifak religius, buku, pakaian, makanan, bunga, sampai furnitur dan binatang peliharaan. Jangan kuatir, di sana toko-tokonya sudah digolongkan per section sehingga tidak bercampur antara jualan baju dan bau asap makanan.

Namanya pasar, barang-barang di sana bisa ditawar. Jadi, pastikan ajak teman yang jago menawar sehingga bisa semakin puas! Kedua, agar tahu patokan harga, sebelum ke sana ada baiknya pergi ke shopping mall atau toko-toko suvenir di jalan Silom dan Sukhumvit. Kualitas barang-barang di sana baik, tinggal butuh ketelitian dan kesabaran untuk memilih dan menawar.
Contohnya T-shirt keren dapat dibeli seharga B 70, 3 stel baju bola (kaos dan celana pendek) dengan kualitas bagus seharga B 250, kain Thai silk 4 meter seharga B 200.
Pokoknya lain kesempatan ke Bangkok lagi kayaknya emang harus berkunjung ke pasar ini.
Hari pertama sampai di Bangkok, malam jam 8an. Kita langsung beli simcard untuk bisa tetep internetan, karena kita gak pake tour guide, gak ada temen disana, udah gitu gak banyak juga orang Thailand yang bisa bahasa inggris, makanya andelan kita cuma smartphone.
Tourist simcard di Bangkok
Simcard ini bisa dibeli di airport. Pas lo keluar arrival, banyak yang teriak2 nawarin simcard, nah lo pasang aja disitu deh. Harga simcard ini 299 Baht, sekitar 100rb Rupiah untuk paket data selama 7 hari. Ini ternyata berguna banget persis dari kita keluar airport Don Mueang, kita nyari bis 29 menuju ke pusat kota. Eh tapi si kondekturnya (kondektur bisnya cewek loh) gak ngerti pas gue bilang kita mau turun di Siam Station, gue kasih peta dia gak ngerti, gue pake google translate dia gak ngerti juga. Akhirnya gue pake bahasa tarzan baru dia ngerti kayaknya -___-'
Setelah sampai di Siam Station, kita lanjutin pake BTS ke National Stadium Station, karena hostel kita, Lub d Siam Square Bangkok persis ada di depan stasion National Stadium, jarak 100 meter juga tinggal nyebrang ada mall MBK, mall terbesar di Bangkok katanya sih. Di samping kiri hostel ini ada Mercure dan Jadi emang strategis banget. Ratenya sekitar 200-500ribu Rupiah per malam. Oh iya ini exclude breakfast ya, tapi banyak sevel di sebelahnya jadi gampang mau nyari makanan, apalagi sebrangnya juga mall langsung.
Sebenernya hostel-hostel di daerah Khaosan Road lebih murah, tapi letaknya lebih jauh dari peradaban haha, jadi dari BTS harus nerusin naik bis lagi atau taksi atau tuk-tuk, jadi gue dan temen gue lebih memilih hostel yang strategis di pusat kota dengan harga terjangkau.
Setelah check in hostel, kita jalan ke Khaosan Road, tempat hostel backpacker ini. Beruntung gue gak nginep di daerah Khaosan Road ini karena berisik banget, kotor juga lokasinya karena banyak kafe-kafe pinggir jalan tempat bule pada nge-beer dan party kalo malem.
Kita kesana naik bis (semacam metromini bisnya kalo disini kecil dan gak AC, cuma ada sampai jam 11), di Khaosan cuma lihat-lihat dan beli Pad Thai, semacam mie goreng atau kwetiaw ala Thailand, terus balik lagi ke hostel naik taksi pink. Kenapa taksi pink? Karena berdasarkan hasil googling kita, taksi pink ini yang pake argo dan ratenya juga tidak terlalu mahal. Lagian emang jaraknya juga gak terlalu jauh dari Khaosan ke Siam Square jadi kita memutuskan pake taksi, karena busnya juga udah jarang lewat udah lewat jam 11 malem.
Tantangan naik taksi di Bangkok yang pertama adalah, tidak semua supir taksinya bisa bahasa Inggris, jadi biasanya kita menunjukan peta yang ada bahasa Inggris dan Thailandnya, juga selalu bawa kartu nama hostel kemanapun kita pergi, terutama yang ada bahasa setempatnya. Kedua, selalu ngotot minta pake argo karena argo selalu lebih murah, dan ketiga, tidak semua supir tau jalan ke tempat yang dituju, jadi sebelum naik harus nanya dulu dan yakin bahwa supir tau jalan, ada bagusnya juga kalau kita menggunakan waze atau google map selama perjalanan agar bisa mengarahkan supir.
Hari kedua, kita pagi-pagi banget jam 8 udah jalan ke Jim Thompson House, ternyata letaknya cuma sekitar 2 blok dari hostel, masih deket National Stadium, jalan ke arah kanan dari Lub-d, terus nanti ada petunjuk jalan ke museum, masuk jalan kecil sekitar 50 meter ketemu deh rumahnya.
Jim Thompson adalah seorang tentara Amerika yang ditugaskan di Bangkok selama perang dunia II. Terpesona dengan keunikan Thailand dan akhirnya dia memutuskan untuk tinggal di Bangkok. Selain sebagai arsitek, dia juga desainer dan ahli textile yang tertarik mengembangkan seni tenunan sutra Thailand. Dengan dedikasi dan usahanya mengenalkan sutra Thailand pada dunia hingga raja Thailand menganugerahinya the Order of the White Elephant, suatu penghargaan tertinggi bagi ornag asing yang telah mengabdikan hidupnya bagi Thailand.
Sekeliling rumah Jim Thompson bagian luar
Bagian dalam rumah Jim Thompson, ruang makan (kanan atas), ruang tamu (kiri bawah) dan spirit house (kanan bawah)
Beres foto-foto disitu, kita lanjut ke Madame Tussauds Bangkok yang berada di Siam Square, awalnya gue gak mau kesini, karena gak suka cuma foto narsis gitu doang, tapi karena belom pernah nyobain masuk Madame Tussauds, jadi yaudah deh masuk aja sekali ini. Dulu waktu di Amsterdam padahal gak tertarik sama sekali, mendingan keliling kota dan streetphoto daripada foto sama patung lilin hahaha.
Tapi karena Bangkok gak beda jauh sama Jakarta, jadi gak ngaruh juga kalo streetphoto, isinya macet dan mall, jadi kayaknya kali ini better gue foto sama patung lilinnya Queen Elisabeth kali aja ntr kesampean foto bareng doi beneran di London ye kan. Sama foto bareng Presiden Soekarno! Jiwa nasionalis gue agak tersentil dikit liat pak presiden kita bertengger di negeri orang hihihi.
Hari kedua ini muter-muter nyari souvenir di MBK, sampe mabok. Gue sih cuma nenteng 1 kantong karena cuma beli souvenir buat orang rumah aja, selain karena gue anaknya paling males muter-muter belanja, juga karena budget belanja yang pas-pasan hihi.
Untuk menuju ke MBK ini tinggal nyebrang aja dari Siam Square, atau turun di National Stadium BTS Station lalu ikuti penunjuk arah ke MBK mall. Masuk ke dalam mall, ambil peta yang berisi petunjuk semua lantai di MBK. Untuk souvenir ada di lantai 6 gedung MBK.
Karena gak suka muter-muter mall, gue langsung menuju ke lantai 6 tempat souvenir. Jengjeng penampakannya kayak gini :

Disini murah-murah, masih bisa ditawar juga, macem ITC kalo disini. Souvenir banyak banget, bawa 500.000 juga cukup bisa dapet banyak.

Ada banyak restoran halal di MBK. Gue waktu itu makan di Yana Restaurant di lantai 5
Dari belanja souvenir, kita belanja makanan di Tops Market (semacam supermarket) di lantai dasar MBK. Gak banyak yang gue beli, cuma 5 kantong Nestea Thai Thea hahahaha (ketawa puas) kenapa gue beli sebanyak ini? Karena gue sukaaaa banget sama thai tea, milk tea, dari mulai Chatime, Addictea, Gongcha, Calais, Share Tea, semua mood booster gue hehehe.
Pas di Bangkok, setiap hari (pagi, siang, sore atau malem) kalo nemu milk tea pasti gue beli dimanapun, di pinggir jalan, di depan hostel, di mall, di sevel. Daannn Nestea milk tea ini enak banget, sayangnya gak diimpor ke Indonesia. Please orang Nestle yang baca please impor minuman surga ini ke Indonesia dong :((
My Love
Jadi setengah cabin koper gue pas berangkat kosong, pulangnya isi milk tea ini semua haha. Kayak mau jualan di Jakarta.
Udah ya, lanjutin di postingan berikutnya : Grand Palace, Wat Pho, Wat Arun, Asiatique Riverfront

NatInBali said...

Hai Mba.. mau tanya2 boleh ya.. hihihi..
Sy ada rencana ke Bangkok dan menginap di Ibis Siam yang sepertinya dekat dengan hotel tempat Mba menginap.. Itu dari Siam BTS Station kan harus ganti line BTS, itu ribet ga sih Mba? Kayak di Singapore kan lumayan tuh jalan nya kalau ganti MRT line.. Apa mending keluar dari Siam BTS Station, terus jalan kaki, di Google Maps sih dibilang 650m.. hehe.. Thanks