08 March 2014

Malang - Bromo

Sebenernya trip ke Malang-Bromo ini adalah trip dadakan. Rencana sih emang udah lama pengen ke Bromo tapi budget dan waktu belom mengizinkan. Sampai pada saat ada project di Surabaya dan gue kebagian ke sana. Jadinya setelah diatur sana sini, jadilah gue berangkat hari Sabtu pagi ke Surabaya, lalu meneruskan perjalanan ke Malang naik travel.

huehehehe gaya pake koper dan naik Garuda, biasanya gendong ransel dan nongkrong di terminal 3 :p

Gue naik travel Siluet, teleponnya 081555736363 hasil rekomendasi dari temen gue yang tinggal di Malang. Dijemput langsung di bandara Juanda dan dianterin sampe depan rumah temen gue yang di Malang. Bayarnya 80.000 naik mobil sedan Altis haha dan sendirian pula ga ada penumpang travel lainnya, sedangkan kalau naik bis dari Surabaya ke Malang 50.000, belom lagi ongkos taksi dari bandara Juanda ke kota Surabaya, kalo diitung-itung lebih praktis dan hemat naik travel itu hihihi.

Nyampe di Malang langsung makan siang di bakso Ijen di jalan Pahlawan bareng sama Hanifah dan Amira, adeknya Hanifah. Rasanya manis manis gitu. Jadi baksonya dibakar terus dibumbuin kecap sama sambel. Terus dikasih kuah kayak mie ayam, kuahnya dipisah. Dimakan bareng lontong. Nothing special but nice to try hehe karena kan ga ada yang kayak begitu di Jakarta :D

Penampakan bakso Ijen

bareng Ipeh

Sampai sore kita masih nunggu kepastian dari temen kuliah gue, Marthin yang katanya mau ikut nemenin gue dan Ipeh ke Bromo haha. Tapi doi sibuk banget pake acara masih meeting di Surabaya. Jadilah gue jalan-jalan ke kota Batu, Malang sekalian makan malem.

3000 rupiah udah bahagia
rintik hujan gerimis ihiy malem mingguan ala kota Batu Malang
Dari sore karena kita masih bingung Marthin bisa nemenin atau nggak, akhirnya gue berinisiatif untuk menghubungi travel agent ke Bromo gitu. Sebenernya bukan travel agent juga sih. Gue liat contactnya di twitter udah agak lama dan untungnya gue favoritin.

Yap. Cuma 250.000 rupiah saja per orang, meeting point di Malang. All destinasi di Bromonya.

Gue sih waktu itu ke Penanjakan untuk liat sunrise - Kawah Bromo - Pasir Berbisik - Bukit Teletubies (beneran ini namanya loh hahaha)

Akhirnya Marthin ikut juga dan kita jemput dia naik taksi ke kosannya, lalu kita barengan ke stasiun kota Malang tempat meeting point untuk naik Jeep ke Bromo.

Jam 11 malem kita menuju meeting point. Perjalanan sekitar 3 jam, dan gue berusaha untuk tidur di jalan. Karena gue bener-bener kurang tidur banget. Malem sebelum flight ke Surabaya gue pulang lembur jam 1 pagi, dan jam 4 pagi gue udah harus berangkat ke airport untuk ngejar flight jam 6.

Untung gue tipikal yang gampang tidur dimana aja, apalagi di perjalanan. Jadi gue tidur di pesawat Jkt-Sby, di mobil travel dari Sby-Malang dan di jeep dari Malang-Bromo hahaha.

Work hard, travel harder. They said.

Sesampainya di Bromo jam 3 pagi gue bener-bener menggigil, secara gue gak tahan dingin. Apalagi itu abis hujan, subuh-subuh, dan di atas gunung. Dinginnya lebih dingin dari pas gue autumn di Amsterdam. Mungkin sekitar 10 derajat kali ya pas di Bromo.

Bener-bener harus prepare jaket tebel atau coat, syal dan sepatu plus kaos kaki. Gue ke Bromo ini udah lapis 3 dan masih tetep nyewa coat parasut tebel disana seharga 20.000 haha daripada gue gak bisa menikmati sunrise karena kedinginan.

Sunrise

Pemandangan dari Penanjakan

Sebelum nanjak

Kuda poni hihi

Amira. Ini anak semangat banget nanjak Bromo. Gue kewalahan ngejarnya hahaha jompo

Amira. Hanifa. Gue. Marthin

Pasir berbisik Bromo

Jeeps

Bukit Teletubies

Bukit Teletubies 2. JUMP!

Cieh

Maap selfie dikit

Padang Savana Bromo
Muka capek tapi tetep gaya

Ratusan anak tangga menuju kawah Bromo. DONE!

Akhirnya sampe atas juga. Perjuangan banget melawan rasa capek dan badan sakit-sakit habis lembur seminggu dihajar naik gunung hahaha tapi puas Alhamdulillah :)

Budget gue untuk trip Bromo kali ini :

- Travel Surabaya-Malang-Surabaya Rp. 160.000
- Paket Jelajah Bromo Rp 250.000 (including jeep & for all destination)
- Jalan-jalan di Malang (makan, oleh-oleh, etc) Rp 100.000

Totalnya cuma Rp 510.000 hehehe. Murah kan? Gak termasuk pesawat ya tentunya karena dibayarin kantor hahaha :D

See ya in the next trip.

Kuala Lumpur, Malaysia!

1.000.000 Pengunjung Website Dan Blog said...

Terima kasih info Bromo Travel sangat membantu sekali. Kunjungin balik ya http://www.gunung-bromo.com

Ridho Muhammad said...

Wisata Bromo Murah bisa explore seluruh tempat lokasi terbaik di gunung bromo

Unknown said...

Ih keren banget ya viewnya menawan. Gak kalah sama kota cantik lainnya..
Travelling itu emang bikin bahagia yah. Kaya artikelnya si Rental Mobil Jogja Semberani ini, travelling bermanfaat bagi kehidupan :D