02 October 2014

South Korea Trip - Day 1 Busan


Annyeonghaseyo..

Kalau yang suka nonton drama korea seengganya pasti tau itu bahasa mana dan artinya apa hehe.. karena selama di Korea kemarin, emang kata itu commonly used banget dimanapun, secara orang Korea sopan dan ramah-ramah banget. Jadi "Hai" dan "Terima Kasih" itu terdengar dimanapun.

Gue mau cerita asal muasal gue ke negeri ginseng ini, sebenernya karena sekitar 2 tahun lalu ada sahabat kuliah gue, Dira Larasati, my brilliant bestfriend ever yang keterima beasiswa untuk kuliah disana, dan saat farewellnya tahun 2013 gue bilang, "Inshaa Allah tahun depan aku main kesana ya, Dir". Itu sekaligus janji sama diri sendiri sih, biar kesampean, karena pengen banget ke negeri Asia Timur, terutama Jepang dan Korea.

Lalu setahun setelahnya, another bestfriend, Rando keterima beasiswa juga di Busan dan gue jadi tambah semangat ke Korea, karena banyak temen yang bisa dikunjungin hehe.

Jadilah sekitar bulan April pas ada promo Air Asia ke Busan, sekitar 1 juta rupiah, dan tiket pulang dari Seoul-KL-Jakarta sekitar 2juta jadi total 3juta. Harga normalnya untuk PP Jakarta-Seoul itu sebenernya sekitar 7juta naik Air Asia, kalo naik Garuda malah sampe 10juta.

Gue beli single ticket seperti biasa haha. Gue mikir walaupun gue kesana sendirian tapi kan disana ada temen jadi ga perlu terlalu khawatir nyasar. Lagian juga ini bukan pertama kalinya gue solo trip ke luar negeri.

Tapi ternyata, Tyas, sahabat gue jaman SD mau ikut juga ke Korea, jadilah gue berangkat berdua sama dia. Mulai dari ngurus visa, bikin itinerary, booking hostel, dll kita urus berdua.

I will start to explain with the pictures, so here we go :



Welcome to Busan. Taken from subway.

Inside the subway


Ceritanya reuni SD


Tyas langsung akrab sama Rico (temen kuliah gue yang juga lanjutin studi di Korea)

Karena kita gak nginep di Busan, jadi kita nitipin koper di loker-loker yang disediain di stasiun MRT, cuma bayar 1000 won untuk seharian. Jadi kita bisa bebas jalan-jalan tanpa harus ribet bawa koper, dan balik lagi ambil koper pas mau ke stasiun melanjutkan perjalanan ke Seoul. Loker ini terdapat hampir di semua stasiun MRT.

Selama di Busan, ini itinerary kita :
  • Gimhae Airport : dijemput Rando di airport dan langsung ke pusat kota naik MRT
  • Busan Station (Busan Subway line 1 exit 8) : naro koper sekaligus ketemuan sama Rico
  • Makan di daerah Nampo-dong. Kita makan semacam soup tofu spicy. Lupa namanya, tapi ini fotonya 

Pas mesen makan, gue shock ternyata Rico udah fasih bahasa Korea, dan untungnya ada dia jadi kita bisa nanya ini makanan apa, yang enak apa dan tentunya bisa tau resto enak dan murah hahaha. Thanks for the treat, Co!

Ini soup tofu dan telornya diceplokin ke dalem mangkok di saat kuahnya masih panas, jadinya dia berbentuk gitu, lucu yaaa

Kimchi are everywhere. Everwhere in the table di setiap tempat makan
  • Nampo-dong Street : Ini adalah pusat shopping di Busan, sepanjang jalan kanan kiri berjejer toko-toko terkenal di Korea, semacam Etude, Tony Moly, The Face Shop, Nike, dll. Kita belanja dikit disini, gue sih cuma beli kuteks aja 2 biji haha. Sisanya mau belanja di Seoul aja biar sekalian. Lagian ribet jalan-jalan di Busan sambil bawa belanjaan banyak.
 




  • Busan Tower : How to get here? Take Subway and get off at Nampo-dong Station. Line 1 exit 7 (5 min ride) Go out Exit 1 of Nampo-dong Station, walk 10 minutes. Jadi ini emang deket banget sama Nampo-dong, jadi di salah satu alley di Nampo street, ada tangga ke atas kayak foto di bawah ini untuk menuju ke Busan Tower. Untung naiknya ada eskalator, cuma pas turunnya harus turun tangga biasa. Saat naik tangga, gue liat banyak kakek-kakek naik turun tangga, dan ternyata pas nyampe atas, banyak yang lagi main mahjong haha.

Ini tangga buat menuju ke Busan Tower

Busan Tower

The Temple


View of Busan Port from Busan Tower

Love Lock di Busan Tower



  • Taejongdae (From Busan Station, take Bus 88 or 101 and get off at Taejongdae (태종대)) : Ini semacam national park di Busan, kanan kiri hutan, tapi di pinggir laut dan kita ngelilingin tebing curam. Sebenernya biasa aja sih, ala ala Uluwatu Bali malah bagusan Uluwatu, jadi gak terlalu recommend banget untuk kesini. Kalo punya banyak waktu di Busan, better ke Beomosa temple, itu tempatnya khas traditional Korea banget, isinya kayak lingkungan keluarga kerajaan.




  • Busan International Film Festival : Kita balik lagi ke daerah Nampo, tapi kali ini kita jalan agak jauhan lagi ke BIFF, karena disini banyak street food dan kita mau nyobain street foodnya, yang murah meriah tapi enak (tetep gamau rugi, turis kere haha)
Japchae (Vermicelli mixed with vegetables)

teokbokki (rice cakes in hot sauce)

gimbap (rice rolls)

Sundae (Korean sausage with a casing of intestines)

32 cm soft ice cream

  • Gwanggali Beach (From Busan Station, take city bus No. 41, 42, 140, 239, 240, 139 and get off at Gwanganlli Beach (runs frequently)






  • Go back to Busan Station  to take a Mugunghwa train from Busan to Seoul.
Ada beberapa pilihan transportasi dari Busan ke Seoul ataupun sebaliknya, seperti bus antar kota, express bus, express train/KTX, dan regular train (Mugunghwa). Pilihan kita jatuh ke regular train / Mugunghwa. Bisa booking online di web korail



Kenapa kita pilih kereta Mugunghwa ini?

1. Harganya lebih murah 27,300 won sekali jalan dengan durasi sekitar 6 jam, sedangkan KTX 68,900 won dengan durasi 2,5 jam

2. Jamnya cocok dengan keinginan kita, trip paling malem jam 23.00 untuk kereta ini, jadi sengaja kita set ambil kereta paling malem biar bisa puas seharian di Busan dan sekaligus bisa tidur di kereta. Lebih irit karena kita gak perlu sewa hostel untuk nginep semalem di Busan, dan lebih hemat waktu juga karena kita bisa gabungin waktu tidur dan waktu perjalanan kita dari Busan ke Seoul hehehe

3. Leg room di kereta Mugunghwa lebih luas dibandingkan dengan KTX, jadi tidur pun lebih nyaman.

4. Gak punya duit. Sebenernya pengen sih nyobain naik KTX, tapi apalah daya dompet protes kenceng haha lagian kita juga gak butuh cepet karena sengaja mau tidur di kereta.


Ceritanya naik KTX (ceritanyaaaaa). Ini pas turun di Seoul Station. Nyempetin foto dulu di samping KTX 

Seoul Station

Inside Mugunghwa Train

Another post will be about our adventure in Seoul.

For you reference, you could download our itinerary in Seoul and Busan for 6 days 5 night in this link 

1 comments:

Unknown said...

So, nanya dong... DAri Busan ke Seoul. Dari Busannya ke station apa? Busan Station?

Post a Comment