06 June 2010

cooking time

Kemarin gue sama Ka Evi, temen kosan gue berencana untuk masak-masak di kosan. Jadi jam setengah 6 pagi, ka evi udah bangunin gue, gedor-gedor kamar haha soalnya kalo gak gtu gue males bangun pagi. Jam 6 kita udah siap berangkat ke pasar Surapati, jalan kaki deh dari kosan ke Surapati, lumayan jauh tapi udara pagi yang seger ngebuat jalan jauh juga ga kerasa. Tapi belom juga nyampe pasar, perut gue udah keroncongan akhirnya di pinggir jalan ada yg jualan serabi oncom, jadilah gue ganjel perut makan serabi dulu. Cuma seribu aja loh harganya, oke ya.


Rencananya kita mau masak ayam kuluyuk, sayur bayem dan perkedel daging hari itu. Untuk masak ayam kuluyuk, kita beli ayam, nanas, paprika, bumbu dapur, dll. Buat perkedelnya beli kentang, daging cincang dan seledri. Sedangkan sayur bayem yaa biasalah ya bayem sama jagung manis gtu aja. Total belanja hari itu cuma Rp. 37.000, murah banget dibandingin belanja di supermarket mungkin cuma dapet ayam sama dagingnya doang kali. Lagian enak di pasar bisa nawar harga, walaupun plus digodain abang-abang juga aah cuek aja haha gue udah biasa nemenin nyokap belanja di pasar becek begitu jadinya udah kebal.

Pulang dari belanja di pasar, kita sarapan dulu di Bubur Ayam Mang Oyo, di jalan Surapati 62. Tempatnya enak, bubur ayamnya juga udah terkenal enak di Bandung. Bubur ini khas banget karena buburnya kentel, ga encer kayak bubur biasa, intinya mah ini BBB (Bukan Bubur Biasa). Saya mesen bubur ayam ati ampela, harganya Rp. 10.000, kalo mau yg spesial pake telor juga harganya Rp. 12.000. Liat aja nih gambarnya, pasti ngiler

Belom apa-apa udah makan banyak ya hari itu haha. Setelah makan, ceritanya mau bakar lemak akhirnya kita jalan kaki lagi dari tempat bubur ayam ke kosan. Nyampe kosan, saya langsung siap-siap kuliah tambahan Manajemen Keuangan. Pulangnya baru deh kita masak-masak. Semua bahan dipotongin, disiangin lah istilahnya, ayamnya gue pisahin dari tulangnya, trs dibumbuin pake merica, bawang putih dan garam.

Setelah didiamin beberapa menit, ayam yang udah dibumbuin itu dimasukin ke tepung terigu terus digoreng sampe kuning keemasan

Selesai digoreng, gue cobain dulu deh ayamnya, hmm enaaakk gurih gtu, jadi nagih deh haha. Lanjut lagi bikin sausnya, pertama tumis bawang bombay sama bawang putih, setelah layu terus dimasukin sayurannya kayak paprika, cabe, nanas, dan daun bawang. Lalu tuangi air, tambahin saus tomat, garam, lemon terus diaduk sampai mendidih. Terus tuangi larutan kanji sampai sausnya mengental. Jadi deehhh hehe. Hasilnya kayak gini
Ayam kuluyuk (kalo kata temen gue ayam kukuruyuk) jadi. Lanjut lagi bikin perkedel daging. Kentang rebus sama daging cincang dihaluskan terus dimasukin bawang merah, merica, bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan. Diaduk jadi satu sama seledri dan bawang goreng. Terus kita juga masak sayur bening bayem. Jadilah seperti ini

Jadilah tiga menu spesial hari ini hehe. Setelah jadi kita lupa kalo belom masak nasi hahaha, bodor banget deh. Yauda akhirnya solat dulu terus baru deh makan bersama, bareng anak kosan yang lain juga, Reza dan Naya. Masaknya hampir dua jam yah dan makannya cuma butuh waktu 15 menit.

Beres makan, gue nyuci semua piring kotor, lanjut nyuci baju, lanjut nyetrika, dan nyapu kamar. hos hos hos, ngos-ngosan haha ternyata jadi ibu rumah tangga itu capek juga yah. Wow hebat ya mamah tiap hari ngerjain semuanya sendiri di rumah :)

0 comments:

Post a Comment