22 September 2013

My First Solo Trip : Singapore (Day 1)

Setelah jalan jalan terakhir ke Eropa kemarin, sekarang gue mau cerita tentang pengalaman pertama gue jalan sendirian ke negeri orang, Singapore.

Awalnya gue beli tiket promo ke SG ini udah lama banget sekitar bulan Februari 2013. Kenapa buat September? Karena pertama, paspor gue pasti ketahan di travel sampai bulan Juni untuk urus visa schengen dll. Kedua karena Juli-Agustus adalah bulan puasa dan lebaran. Ketiga karena pas September gue baru aja dapet THR jadinya bisa lebih puas belanja di Singapore hahaha.

Jadi dari awal emang gue beli tiket untuk sendiri. Kayaknya seru aja jalan jalan sendirian. Dan gue nyesel, karena bukannya seru tapi seru bangeeettt kenapa gak dari duluuuu gue solo trip gini.

H-1 sebelum berangkat itu hari Sabtu, 7 Sept dan gue masih berkutat dengan kerjaan. Packing dan bikin itinerary baru mulai malemnya sebelum berangkat besokan subuh. Padahal ini pertama kalinya gue ke Singapore, have no idea disana ada apaan aja, harus kemana aja, naik apa dll. Tapi gue udah browsing sedikit sih sebelumnya. 

Gue berangkat jam 5.30 pagi dari Soekarno Hatta, nyampe Singapore sekitar jam 9an. Langsung naik MRT dari Changi ke Chinatown. Gue download aplikasi gothere.sg yang helpfull banget Alhamdulillah gue ga sekalipun nyasar pas di SG.




Di Changi, gue beli tiket Singapore Tourist Pass, seharga 30 SGD tapi kita bisa dapet refund 10 SGD pas kita balikin Singapore Tourist Pass ini di hari ketika kita pulang. Oh iya 30 SGD itu untuk 3 hari ya, dan ada batas waktu berlakunya, kalau balikin pas udah lewat masa berlakunya (3 hari) ya ga bisa dapet refundnya sebesar 10 SGD itu. Kalau lebih dari 3 hari gimana? Mendingan beli Ez Card gitu, bisa diisi ulang pake credit card.

Ini penampakan kartunya
Sesampainya di Chinatown gue belanja beberapa souvenir lucu-lucu, masuk ke Sri Mariamman Temple liat orang orang India ibadah (sayangnya no camera allowed) dan makan noddle chicken hainan.







Puas jalan jalan disini. Gue cabut ke Clarke Quay buat check in. Gue nginep di Woke Home Capsule Hostel, ratenya sekitar 200ribu per malem jadi total 400ribu untuk 2 malem. Kenapa gue milih hostel ini? Karena ada female dorm, lokasinya strategis karena keluar hostel langsung ada bis ke Chinatown, deket sama MRT, daann karena bentuknya capsule jadi lebih private, gak kayak bunkbed gtu.


Ruang tengahnya ada coretan orang-orang yang udah pernah kesini juga. Banyak banget yang dari Indonesia


Sarapan gratis, ada sereal, susu, toast sandwich, kopi, teh bebas mau milih apa aja tapi bikin sendiri hahha
Capsule Bed


Jam check in jam 2 siang, check out jam 12. Bisa juga nyimpen nitip koper di resepsionis sebelum atau setelah jam check in/out



Ini di dalem capsulenya. Isinya kasur, meja, bed lamp, TV, fan kecil, colokan dan kaca.  Cukup lengkap lah cuma buat numpang tidur mah hehe


Setelah check in gue cabut ke Red Dot museum di Maxwell, naik bis 145 dari depan hostel.




Di jalan Maxwell ini juga ada foodcourt gede gitu, dan banyak makanan enak. Rame banget foodcourt ini. Gue cuma beli es soya bean aja karena udah makan sebelumnya.

Dari sini gue langsung ke daerah City Hall atau Raffles Place ya gue lupa haha. Karena gue pengen ke Rafless hotel, but ended up menemukan Furletton hotel dan Esplanade bridge. Terus gue nyobain es krim sandwich seharga 1,25 SGD ini, naik kayaknya ya dulu cuma 1 SGD




Ini di depan Furletton hotel. Gue jalan jalan dan nanya ke penjual es ini kemana arahnya kalo mau ke Merlion, dia bilang lurus aja terus belok kanan haha oke.. Akhirnya setelah 10 menit jalan gue nemuin beberapa orang yang mau ke Merlion juga, jadi gue ikut aja bareng mereka hehehe.




Beberapa foto selfie di atas adalah hasil minta tolong fotoin ke orang dan gue menawarkan motoin dia balik hehe.

I took some photos and video here and then went to Esplanade, watching concert and went to the library and the rooftop.


Merlion with Marina Bay Sands in the background


Esplanade library, banyak script film dan dvd lama disini hihi seneng


Script Oscar Wilde


Ini semacam hasil karya anak anak SD di Singapore, gambarnya dalam berbagai tema: love, respect, education, dll


Remember Amsterdam Canal? No, I was not going back there, this is Clarke Quay


Spend your lovely night here. Restoran dan bar sepanjang pinggiran riverside Clarke Quay ini rame banget kalo malem. Ada boat juga untuk yang mau keliling kota Singapore di malam hari.


Ini balik dari Clarke Quay riverside ke hostel di South Bridge Rd. Muter-muter nyari jalan, namanya juga pikunan jadi sampe pake google map buat nyampe ke hostel, karena sepi banget jalannya jadi ga ada orang lewat yang bisa ditanya. Mission day 1 accomplished. Capek banget hosh hosh (tapi tetep narsis dulu)

0 comments:

Post a Comment