12 May 2010

4 tipe mahasiswa

Hari Selasa lalu, saya masuk kelas Manajemen Keuangan. Kebetulan kali ini yang mengajar adalah Bapak Erie Febrian, SE, MBA, M.Comm. Perkenalan awal beliau di kelas kami (Pak Erie baru bisa mengajar karena baru saja menyelesaikan studi S3nya di luar negeri), beliau berkata
"Saya orangnya gak suka basa-basi, jadi saya membebaskan absen kalian, karena belajar itu adalah proses. Jadi percuma kalo kalian masuk kelas saya cuma karena terpaksa ngisi absen, bukan karena pengen belajar. Di luar negeri, gak ada yang namanya absen kayak gini, di sana itu doktrinnya adalah "saya datang kuliah karena saya butuh" tapi kalo di sini mungkin beda ya. Waktu itu ada mahasiswa yang duduk di luar saat kelas saya, dia baca buku Menfin di luar tapi pas selesai kelas, dia datang ke saya dan nanya yang dia ga ngerti di buku itu. Tapi hebatnya, nilai akhirnya dia yang tertinggi"


HEBAT! kata saya dalam hati. Kalo saya, udah gak masuk, gak belajar sendiri juga, palingan cuma nyalin catetan temen, trs masih berani-berani nitip absen pula haha, parah. Saya pengen ngerubah mindset, saya harus kuliah karena saya butuh kuliah tersebut, bukan karena absen lagi. Karena saya yang rugi kalo saya gak ikut kuliah, karena saya udah jauh-jauh dikuliahin di Bandung, dibayarin orang tua, masa masih main-main doang kerjanya?

Pak Erie juga bilang, ada 4 tipe mahasiswa di mata dosen, yaitu :
1. Mahasiswa Turis : Jadi mahasiswa tipe kayak gini, dia seneng terus bawaannya kalo kuliah. Selalu senyum, apapun alasan di belakangnya :) mungkin karena ada kecengan di kelasnya, mungkin karena pengen pacaran atau mungkin buat ngisi waktu luang aja kali ya. Gatau juga, pkoknya dia selalu senyum saat di kelas, sama kayak turis kalo lagi melancong, seneng terus mau keserempet truk juga, soalnya kan lagi wisata :)

2. Mahasiswa Teroris : Mahasiswa tipe ini adalah mahasiswa yang suka mencari-cari pertanyaan yang kira-kira gak bisa dijawab sama dosennya. Mungkin di kelas terkesan pintar tapi dosen gak suka karena kesannya menodong dan mengetes kemampuan sang dosen.

3. Mahasiswa Learner : Mahasiswa tipe ini adalah mahasiswa yang bawa buku tebel, pake kacamata tebel, dan berotak tebel juga hehehe ga deng. Pokonya mahasiswa kayak gini yang bener-bener niat belajar.

4. Mahasiswa Prisoner : Mahasiswa ini niat ga niat belajarnya. Fisiknya emang di kelas tapi pikiran dan jiwanya melayang-layang. Misalnya, sebelum masuk kelas ada temennya yang bilang 'wey, tadi gue liat cewe lo jalan sama cowo lain deh' %$#@!*!%? segala macem pikiran muncul di pikirannya, jadi gak konsen, gelisah di kelas dan ujung-ujungnya malah curhat kanan kiri ngebuat heboh kelas.


Saya jadi kepikiran, saya tipe mahasiswa yang mana yah? Kayaknya kalo tipe 1 dan 2 jauh deh, mungkin saya lebih ke tipe ketiga atau keempat. Kadang kalo lagi rajin ya jadi tipe ketiga tapi kalo lagi galau ya jadi tipe keempat haha curhat kanan kiri, tapi daripada berisikin kelas, saya lebih suka shove my headset, play music louder and ignoring the class, sambil tetap perhatiin dosen dan mencatat. Yap! multitasking haha. Jadi saya emang bener-bener kombinasi tipe 3 dan 4.

0 comments:

Post a Comment