26 July 2012

Travelling Murah Ala Gue

Jadi beberapa waktu lalu gue booking pesawat dan hotel untuk ke kota tertentu. Mungkin ada yang belom tau beberapa trik traveling hemat murah meriah ini, jadi gue mau share aja.
  1. Sign up atau jadilah member di setiap maskapai penerbangan agar selalu mendapat informasi via newsletter mengenai promosi terbaru. Lagian gak dipungut biaya juga ko alias gratis hihi.
  2. Maskapai penerbangan itu biasanya mengumumkan tarif penerbangannya di Senin malam. Jadi waktu terbaik untuk berburu tiket adalah hari Selasa paginya atau subuh dini hari gitu deh kalo siap begadang. (shine.yahoo.com) 
  3. Kalo mau dapet harga promo yang gak masuk akal biasanya harus pesen dari jauh-jauh hari bahkan setahun sebelumnya. Untuk yang udah kerja bisa diliat kalender 2013, plus cuti bersama yang banyak di google, jadi bisa kira-kira ambil cuti kapan.
  4. Di luar musim liburan, pesen tiket paling nggak sebulan sebelum keberangkatan, sedangkan di musim liburan pesanlah tiket 1-3 bulan sebelumnya. Cuma kadang-kadang pesan tiket 2 minggu sebelum keberangkatan, harga malah bisa jadi lebih murah, kenapa bisa begitu? Gatau deh gue juga ya suka-suka marketingnya aja sih itu mah.
  5. Untuk membandingkan harga tiket antarmaskapai, bisa dicoba Kayak's Hacker untuk international flight atau utiket untuk domestic flight.
  6. Bisa juga sign up newsletter di situs online travelling seperti valadoo disitu ada rekomendasi tujuan wisata dan tour itinerary lengkap, ada paket liburannya juga kalo kamu gamau pusing-pusing, kalo di sukajalan banyak review tempat-tempat tujuan wisata atau gabung forum komunitas backpacker
  7. Untuk hotel, gue dan beberapa teman suka pake agoda.com harga yang ditawarkan bisa setengah dari harga aslinya, cuma pembayarannya hanya bisa dilakukan menggunakan kartu kredit. Caranya cukup simpel:
    • Cari hotel tujuan yang kamu inginkan, tipsnya liat dari rating yang diberikan dan ulasan-ulasan orang yang pernah menginap di hotel tersebut. Dari situ kita bisa mendapatkan pencerahan apakah hotel tersebut bagus, nyaman, bersih, pelayanannya baik, atau sebaliknya, kotor, pelayan gak ramah, banyak kecoa terbang, lokasi di tengah hutan, dll.
    • Setelah pilih-pilih dan yakin sama satu pilihan (cailah kayak jodoh aja #salahfokus), baru deh booking untuk hari apa, masukin email, nomor kartu kredit dan lainnya. Setelah beres, nanti voucher hotel akan dikirimkan melalui email kamu. Terus diprint deh.
    • Jangan lupa konfirmasi lagi ke pihak hotel bersangkutan bahwa kamu telah melakukan booking lewat agoda.com
    • Kalo kamu booking hotel di luar negeri biasanya diminta menunjukan kartu kredit yang dipakai untuk pembayaran, tapi kalo di dalam negeri sih nggak. Cuma amannya, ya bawa aja sih kartu kreditnya sekalian buat belanja belanji gitu kan hehehe. 
    • Boleh juga sih kalo punya temen, sahabat pena atau sodara dimanfaatkan gitu buat tempat nginep. Kan enak tuh gratisan, ya palingan kamu bantu-bantuin nyuci piring sama beresin tempat tidur lah, atau nyiram kembang di halaman rumahnya deh kalo males-males banget.

    Gitu deh, trik-trik liburan asik murah meriah ala gue. Selamat berlibuuuurrr… Eh kalo mau ngajak gue liburan bareng juga boleh loohhh hihihi :D 

0 comments:

Post a Comment