01 March 2012

Bachelor of Economic

Yea finally i did it!
Alhamdulillah semua berjalan lancar walaupun gak semua sesuai sama yang gue inginkan tapi tujuan itu tercapai juga :)
Tanggal 31 Januari 2012, saya dinyatakan lulus tanpa revisi pada sidang sarjana S1 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran dengan predikat cumlaude.
Sesaat setelah yudisium atau pengesahan kelulusan tersebut, saya tidak kuasa untuk memeluk sahabat-sahabat saya, teman seperjuangan saat skripsi Ira Daya Lestari dan sahabat seperjuangan dari awal kuliah, Rina Namira.
Kami bertiga dinyatakan lulus pada hari yang sama, setelah melewati beberapa cobaan, seperti Ira yang sidangnya dipending karena dosen pengujinya masih menginginkan dia melakukan beberapa revisi, lalu minggu selanjutnya dipending lagi karena dosen pembimbingnya harus conference ke Hawaii. 
Lalu Rina, setelah melewati beberapa hari opname di RS. Borromeus karena sakit hepatitis, akhirnya seminggu sebelum sidang dia sembuh dan Alhamdulillah bisa ikut sidang di waktu yang telah ditentukan.
Sedangkan saya, dengan penuh perjuangan selama 2 minggu setelah sidang kolokium (sidang bab 1-3), saya melanjutkan mengerjakan revisi bab 1-3, lalu ngebut mengerjakan bab 4 yaitu mengolah data kuantitatif dari laporan keuangan lalu me-regresnya menggunakan SPSS, menganalisis dan juga menyiapkan segambreng persyaratan sidang akhir lainnya. Semua saya lakukan dalam 2 minggu. Saya sendiri merasa amaze dengan diri saya, awalnya saya tidak yakin dapat melakukannya dalam 2 minggu, tapi dengan keyakinan saya dan kemauan kuat untuk dapat mengikuti wisuda bulan Feburari demi janji saya sama orang tua, akhirnya saya begadang beberapa malam, fokus di depan laptop berhari-hari, dan voila! Akhirnya skripsi saya diacc tanggal 29 Desember 2011.
Namun, perjuangan ternyata tidak berhenti sampai di situ. Setelah menyerahkan persyaratan sidang akhir, beberapa hari kemudian SBA mengabarkan bahwa sidang tanggal 9 Januari 2012, which is sidang terakhir untuk dapat mengikuti wisuda bulan Februari, DIUNDUR. Iya diundur menjadi tanggal 31 Januari 2012. Saya sedih dan kecewa sekali. Alasan diundurnya sidang adalah karena jumlah peserta sidang yang kurang dari batas minimal 3 orang. Tapi saya mengambil sisi positifnya saja, mungkin Allah menginginkan saya untuk wisuda mengenakan toga dan berfoto bersama sahabat-sahabat saya, dan berbahagia bersama mereka :)
Untung di saat seperti itu, saya sedang “sweet escape” ke Yogyakarta. Persis tanggal 29 Desember 2011 setelah skripsi saya diacc dan saya mengajukan persyaratan sidang, malamnya saya langsung cabut ke Jogja hahaha. Melupakan semua ke-hectic-an saat persiapan pengajuan sidang akhir.
Sebulan kemudian, tanggal 31 Januari 2012, adalah waktu yang super deg-degan. Namun, Alhamdulillah berkat doa dari orang tua dan doa saya juga, sidang berjalan lancar tanpa hambatan berarti. Selesai sidang saya mengabarkan orang tua saya kalau saya sudah lulus sarjana. Mereka sangat bangga, bahkan mama sampai menangis terharu di seberang telfon sana. Saya jadi ikut berkaca-kaca menahan tangis karena saat menelfon saya sedang di tempat umum.
Rasanya selama 21 tahun pencapaian saya, baru kali ini mama sampai menangis bahagia karena saya. Saya gak bisa ngungkapin gimana rasanya memberikan kabar tersebut kepada orang tua. Lega sekali rasanya bisa membanggakan orang tua. Satu pencapaian saya. Semoga masih banyak pencapaian-pencapaian lainnya yang dapat saya berikan untuk membanggakan orang tua saya. Amin :”)

0 comments:

Post a Comment