17 March 2012

Komitmen



Apa yang kebayang di pikiran kamu saat denger kata komitmen?
Sebuah hubungan yang serius? Atau suatu kontrak yang berlandaskan atas persetujuan kedua belah pihak? Banyak versi komitmen, dalam hal cinta, pekerjaan, kehidupan, dan lainnya.


Kalau menurut saya sendiri, komitmen itu adalah ikatan. Ikatan yang membatasi tindakan, ruang gerak dan mempengaruhi kehidupan kita secara langsung. Komitmen itu janji, sesuatu yang harus ditepati dan dipertanggungjawabkan.


Komitmen adalah kalimat syahadat yang diucapkan seorang umat beragama muslim kepada Tuhannya. Komitmen adalah ijab qabul yang dibacakan suami istri saat melangsungkan akad nikahnya. Komitmen adalah perjanjian kontrak yang ditandatangani seorang karyawan terhadap perusahaannya.


Komitmen adalah ucapan "I take you to be my wedded wife/husband, to have and to hold, from this day forward, for better for worse, for richer for poorer, in sickness and in health, to love and to cherish, till death do us part."


Komitmen adalah sesuatu yang membuat suami tetap mencintai istri yang badannya sudah melar akibat melahirkan anak-anak dari benihnya, memakai daster lusuh di rumah dan bau bawang karena memasak masakan rumahan demi memenuhi gizi anak-anaknya, mengurus rumah tangga, menyetrika pakaian kerja suaminya dan tetap bersyukur serta memberikan pujian kepada sang istri. Menguatkan istrinya saat sang istri terlalu lelah bekerja dan mengurus anak-anaknya, bahkan tetap bertahan dalam pernikahan saat sang istri tidak bisa memberikan keturunan.


Komitmen adalah sesuatu yang membuat istri tetap bertahan mencintai suaminya, mengurusnya dengan penuh kasih sayang, menunggunya pulang dari kantor dan mendengarkan segala macam cerita-cerita membosankan di kantornya. Tidak mengomel dan tetap bersyukur dengan seberapapun penghasilan yang diberikan oleh suaminya. Tetap memberikan dukungan dan doanya untuk kemajuan suaminya, serta tetap bertahan saat suaminya jatuh miskin atau jatuh sakit, karena dia tau saat itulah suaminya justru sangat membutuhkan dirinya.




Komitmen adalah sesuatu yang membuat seorang anak, seberapapun jauhnya merantau, mereka akan pulang ke kampung halaman untuk menemui orang tuanya, sungkem dan memohon maaf atas kesalahan yang dilakukannya, memohon agar diberikan restu dan doa dari orang tuanya.


Komitmen adalah sesuatu yang membuat orang tua memaafkan dan menerima kembali anaknya, walaupun sudah menyakiti hati orang tuanya. Kembali mencintai anaknya tanpa syarat.


Komitmen adalah sesuatu yang membuat seorang wanita bersedia menunggu kekasihnya datang menemuinya kembali dari negeri seberang untuk mencari nafkah atau menyelesaikan pendidikannya, walaupun hanya berbekal kepercayaan dan keyakinan bahwa laki-laki yang dilepasnya pergi itu akan kembali menemuinya, menepati janji-janjinya dan melanjutkan cerita bersama dengannya.


Komitmen adalah sesuatu yang membuat seorang pria tetap mempertahankan wanitanya, bagaimanapun banyak masalah yang menghambat hubungannya. Tetap menjaga dan melindungi wanitanya dari laki-laki lain yang sewaktu-waktu bisa mengambil perhatian wanitanya.


Komitmen adalah sesuatu yang membuat seorang sahabat menutupi aib sahabatnya sendiri, menyimpan rahasia yang sahabatnya percayakan kepadanya untuk dirinya sendiri dan tidak membicarakan hal-hal yang tidak baik di belakang sahabatnya. Selalu menyediakan waktu dan bersedia dipinjam pundaknya untuk mendengarkan curhatan sampah sahabatnya akibat laki-laki tidak tahu diri yang lagi-lagi menyakitinya, mendengarkan dengan sepenuh hati dan berkata "his loss, you deserve better"


Komitmen adalah sesuatu yang membuat seorang pekerja, rela bekerja nine to five, atau bahkan nine to nine untuk menyelesaikan pekerjaannya, seberapapun gaji yang diterimanya tidak sebanding dengan tenaga dan pikiran yang dikeluarkannya.

Komitmen adalah janji yang harus dipenuhi, komitmen jugalah yang membatasi kita dari kepentingan diri kita sendiri. Komitmen dipenuhi oleh konsekuensi, maka hanya orang yang berani mengambil risiko itulah yang mampu berkomitmen dan menjaga komitmennya. Percayalah bahwa tidak ada sesuatu yang sia-sia apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh. Bahwa pada akhirnya, semua yang kamu tabur itu adalah yang kamu tuai.

0 comments:

Post a Comment